Rabu, 05 Juli 2017

Waspada Pengunaan Antibiotik Agar Terhindar dari Resistensi Antibiotik

Di negara kita masih banyak penggunaan antibiotik yang kurang begitu tepat sebagaimana mestinya. Setiap keluhan hampir sebagian besar selalu disertai dengan pemberian antibiotik dengan harapan menghindari infeksi.

Jika ada keluhan atau tanda-tanda panas pada pasien seakan harus diberi antibiotik untuk mencegah infeksi. tanpa kita gali lebih jauh apa penyebab panas atau keluhan pasien tersebut terlebih dahulu.

antibiotik
Antibiotik

Jika anda mengalaminya anda lebih baik konsultasi dahulu kepada dokter terdekat di daerah anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya resistensi obat antibiotik karena penggunaan yang kurang tepat.

Antibiotik sendiri merupakan sekumpulan molekul baik alami maupun sintetik yang berfungsi untuk menekan perkembangan suatu mikroorganisme dalam proses infeksi pada bakteri. Sedangkan pengertian dari resistensi antibiotik adalah salah satu jenis resitensi obat-obatan kepada bakteri dimana bakteri tersebut mampu menahan efek antibiotik.

Semakin sering mengkonsumsi antibiotik semakin besar kemungkinan terinfeksi oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik. salah satu ciri-ciri resisten terhadap obat antibiotik adalah mudah terserang sakit.

Jika kita sudah terkena bakteri yang resiten maka akan sulit untuk disembuhkan. Diperlukan antibiotik yang lebih kuat atau lebih toksik terhadap bakteri dan tentunya semakin tingginya biaya yang diperlukan

Dari tahun ke tahun tingkat resistensi bakteri terhadap antibiotik semakin meningkat. Peran pemerintah kini semakin ditingkatkan dalam menyerukan penggunaan antibiotik seperlunya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan kasus resistensi bakteri terhadap antibiotik terutama pada pasien dengan tuberculosis. Selain itu sudah banyak kasus-kasu lain yang ditemukan.

Terlebih lagi kini sudah banyak produk antibiotik yang dikhususkan untuk hewan peliharaan dan ternak. Menurut penelitian  hanya 20% pengunaan antibiotik untuk manusia sedangkan sisanya digunakan untuk hewan dan pertanian.

Kita bisa melihat disekitar kita ayam maupun sapipun jika sakit diberikan antibiotik. hampir semua jenis hewan ada antibiotiknya.

Hal ini yang juga menjadi penyumbang terbesar resistensi antibiotik sehingga tingkat kematian karena resistensi obat semakin meningkat. Maka dari itu kedepan kita harus lebih selektif dalam menggunakan antibiotik.

Agar angka kekebalan bakteri antibiotik dapat dikurangi dan kesehtan di negara kita semakin meningkat. Maka dari itu anda juga harus sering membaca artikel tentang kesehatan.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan (SARA)
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon