Kamis, 13 Juli 2017

Obat Sariawan Paling Ampuh

Jika balita Anda mengalami sakit sariawan, pastinya keceriaannya akan menghilang dan begitu pula dengan nafsu makannya. Jika sudah begitu, pastinya sebagai orang tua, Andapun akan ikut merasakan betapa tersiksanya anak Anda. Sariawan mungkin merupakan hal yang kecil dan tidak terlalu mengganggu bagi orang dewasa, namun demikian tidak buat anak-anak.

Ketika anak balita tidak mau makan karena rasa sakit yang menyengat di bagian mulutnya, maka ia akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit lain. Jangan menunggu lama, dan cepat berikan obat sariawan yang manjur kepada si kecil.

tips mengobati sariawan paling ampuh
Sariawan /Stomatitis

Sariawan biasanya menyerang berbagai bagian mulut seperti langit-langit, rongga mulut, bibir, gusi dan juga lidah. Di manapun sariawan menyerang, pastinya si kecil menjadi rewel. Sariawan bisa saja disebabkan karena gigi yang menggigit lidah ataupun bibir, konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas, panas dalam, kurang vitamin C serta sebagai pertanda dari berbagai penyakit yang lebih serius. Jika sariawan tidak kunjung sembuh, jangan segan-segan berkunjung ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Sariawan biasanya berbentuk bulat. Luka kecil ini berwarna putih atau kuning pucat dan terlihat timbul. Di sekeliling bulatan sariawan, terdapat warna merah. Normalnya, sariawan akan hilang dengan sendirinya selama 7 – 10 hari tergantung dari besar kecilnya sariawan tersebut. Jika sariawan baru berumur satu hari saja, maka ibu dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat sariawan pada si kecil sehingga ia bisa makan dengan lahap dan ceria seperti biasanya.

Cara-cara untuk mengurangi rasa nyeri akibat sariawan dan juga sebagai obat sariawan:

1. Jauhkan anak balita Anda dari berbagai minuman serta makanan yang terlalu panas. Selain dapat menyebabkan sariawan, makanan dan minuman panas ini juga akan menambah nyeri bagian luka sariawan.

2. Campurkan air hangat dengan garam lalu ajarkan balita Anda untuk berkumur menggunakan campuran tersebut untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Tapi ketika air garam untuk pertama kali menyentuh bagian kulit yang terinfeksi sariawan, maka si kecil akan merasa sakit nyeri yang menyengat. Selain dari rasa sakit yang berangsur-angsur berkurang, campuran air hangat dengan garam juga dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

3. Jika si kecil merasa air hangat dengan garam terlalu menyakitkan, maka sebagai gantinya ia bisa mencoba mengulum es batu. Es batu akan membantu mengurangi rasa sakit pada sariawan. Jika balita masih terlalu kecil, maka orang tua dapat  membantu dengan mengkompreskan bagian yang sariawan dengan es batu tersebut.

4. Berikan Triamcinolone dental orabase yang berbentuk gel pada bagian sariawan untuk mengobatinya sebanyak dua sampai tiga kali sehari sebelum tidur atau setelah makan.

5. Gunakan cotton buds untuk mengoleskan Gentian violet pada sariawan sebanyak dua kali sehari.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan (SARA)
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon